Alasan Kenapa Pilih Twitter

Semakin banyak jejaring sosial yang bermunculan, seperti baru-baru ini Google merilis Google+. Facebook juga tetap menjadi jejaring sosial paling populer, meski begitu Twitter tetap menjadi trend tersendiri, dan bahkan semakin populer.



Apa si yang sebetulnya membuat Twitter makin disukai? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Jaringan Informasi

Pada Oktober 2009, di sela-sela konferensi Web 2.0 di San Fransisco, salah satu pendiri Twitter, Evan Williams, mengatakan: “Twitter bukanlah jaringan sosial. Jadi, oke saja untuk ga menjadi pengikut (follower) seseorang yg menjadi pengikutmu. Jangan khawatir dicap angkuh.”. Ia lebih menekankan Twitter sebagai jaringan informasi yg memberikan kabar terkini dari semua orang & membaginya ke seluruh dunia. “What we have to do is deliver to people the best and freshest most relevant information possible. We think of Twitter as it’s not a social network, but it’s an information network. It tells people what they care about as it is happening in the world,” jelasnya.

Ternyata pendirinya menyatakan bahwa Twitter bukan situs jejaring sosial tapi lebih ke jejaring informasi untuk menyebarkan berita terkini keseluruh belahan dunia.

2. Lebih Simple Lebih Fokus

Di Twitter, tidak ada update foto, update video, chatting, dan berbagai fitur lainnya. Berbeda dengan Facebook yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat banyak jumlahnya. Tetapi justru dgn karakternya yg simpel itu, Twitter makin disuka banyak orang. Dengan karakternya yang simpel, Twitter menjadi lebih fokus.

Disamping itu, Twitter juga dikenal singkat, padat dan efektif. Maksudnya? Di Facebook, ketika Anda hendak menuliskan status updates, jumlah karakter yang diperbolehkan adalah 420 krakter. Sedangkan untuk Twitter, karakter yg diijinkan hanya sebatas 140 saja. Ini bahkan lebih sedikit dr sebuah 1 kiriman sms. Lantas, apa kelebihan Twitter dr perihal ini? Dengan hanya 140 karakter, Anda dapat menuliskan kalimat seperlunya & karakter yang terbatas akan menyingkat ruang serta & nyaman dipandang mata yg membaca.

3. Tidak ada iklan

Seseorang menulis di blognya: “Saya juga ga tahu sebenarnya Twitter itu dapat uangnya dr mana, saya ga melihat adanya iklan di website Twitter. Mungkin itu adalah strategi pengembangnya yang merupakan investasi jangka panjang sehingga kelak Twitter akan berkembang pesat & mulai di lirik perusahaan besar seperti Microsoft, Google atau Yahoo untuk membelinya yg kemudian akan di komersialkan.”

4. No Game, No Quiz

Sebenarnya layanan resmi dari Twitter hanya update status tanpa aplikasi lain seperti foto, video, dan lain-lain. Jika di Twitter bisa melakukan itu adalah karena bantuan aplikasi dari luar Twitter. Karena hanya update status, maka pembicaraan di Twitter akan lebih fokus dan menarik, misalnya ketika ada musibah gempa, berita di Twitter akan terasa lebih aktual. Sementara di Facebook pada saat yang sama (saat terjadi gempa) masih terlihat orang-orang yang sibuk main game atau muncul juga laporan quiz-quiz yg kurang penting.

5. Bisa Dilihat Oleh Siapa Saja

Di Twitter, Jika Anda tidak mengaktifkan privacy, maka semua orang bisa membaca update status Anda. Semua orang juga bisa memfollow tanpa harus meminta konfirmasi dari kita. Mungkin alasan ini yang membuat beberapa artis, selebritis, politikus, mentri, sampai presiden pun sekarang punya twitter. Akun mereka biasanya di follow oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang.

6. Membedakan Follower dan Following

Artinya? Following adalah orang yang kita ikuti status updatenya. Sedangkan followers adalah orang yang mengikuti status update kita. Dalam Facebook, jika Anda menambahkan seorang teman (add) dan teman tersebut menerimanya, maka secara otomatis Anda akan menerima updates status dari teman Anda tersebut dan begitu juga sebaliknya. Nah hal ini berbeda dengan Twitter. Jika Anda menambah teman baru (follow) maka secara otomatis Anda akan menerima status updates dari teman baru Anda tersebut. Tapi, jika teman Anda tidak mengikuti (follow) Anda, maka teman Anda tidak akan menerima status updates Anda. Namun, saat ini Facebook telah menambahkan fitur serupa dengan ini.

7. Mengelompokan Teman

Twitter memiliki sebuah fitur bernama List, dimana pengguna bisa mengelompokkan orang yang di follow dalam sebuah group/daftar. Daftar teman yg dibuat bisa dilihat oleh publik dimana orang lain bisa melihatnya dan bisa juga dibuat private.

Caranya adalah, klik tombol “Create list”, sekarang Anda bisa memulai mencari Following atau Followers mana yang akan di masukkan dalam daftar List baru Anda tersebut. Misalnya Anda ingin mengelompokkan teman kampus dalam grup kampus. Nanti Anda akan mendapat alamat grup tersebut misalnya menjadi twitter.com/username/kampus.

8. Lebih Personal

Twitter support akan multiple posting. Apa maksudnya? Anda dapat menuliskan status yang ditujukan pada banyak teman-teman Twitter. Semisal sebagai berikut, saya menuliskan status: “Saya sedang berkumpul dengan @zidane @kaka @cristiano merayakan ultah @maurinho”. Perhatikan status tersebut. Dalam 1 status itu tertera 4 nama username. Artinya status Anda akan tertuju ke username yang bersangkutan (semacam pesan khusus, tapi bukan seperti email, dalam Twitter ada layanan email tapi bernama Direct Message).

9. Cara Berbeda Dalam Berkomunikasi

Di Facebook cara membalas update status adalah dengan menuliskan komentar yg muncul di bawah update status tersebut, begitu seterusnya secara berurutan (threaded). Sedangkan di Twitter, status tidak bisa di komentari secara langsung. Di Twitter, cara membalas update status adalah dengan menulis update status baru dengan menyertakan @namaorang yang dibalas.

10. Hashtags dan Trending Topics

Hashtags dipakai untuk menandai topik tertentu dalam pembicaraan di twitter, simbol yang digunakan adalah “#”. Dengan menggunakan hashtags, update status bisa dikelompokkan berdasarkan topik dalam hasil pencarian. Beberapa contoh hashtags yg pernah menjadi trending topic: #earthquake, #realmadrid #tsunami, #indonesiaunite dan lainnya. Trending topic adalah topik-topik yang sedang ramai dibicarakan oleh tweeps.

11. Group Posting


Di Twitter ada grup posting, atau postingan orang banyak yang muncul dalam satu akun Twitter. Contohnya: @infoll berisi info lalu lintas jabotabek dan seluruh Indonesia, @ayosholat berisi postingan yang berhubungan dengan aktivitas sholat, dan lain-lain.

12. Tool dan Aplikasi Pendukung

Banyak postingan tweet berasal dari macam-macam tools atau aplikasi, misalnya: tweetdeck, ubertwitter, tweete, twitpic, hootsuite. Dan aplikasi tersebut bisa dipakai dari bermacam-macam platform: mulai web, mobile, Blackberry, iPhone, dll. Selain itu banyak aplikasi tambahan yang membantu Twitter seperti aplikasi foto yang tidak dimiliki twitter.

13. Update dengan Ponsel Jadul

Selain update informasi langsung melalui web, Anda juga bisa memperbarui informasi melalui SMS langsung via handhone Anda. Sungguh asyik apabila Anda perlu menginformasikan hal terbaru dengan cepat apabila Anda tidak berada di depan komputer karena dalam perjalanan pun Anda bisa melakukannya.

Dan karena Twitter bisa diakses lewat SMS, artinya kita bisa meng-update status kita dimana saja dan kapan saja dari handphone.

14. Bersahabat dengan Website dan Blog Pribadi

Postingan Twitter bisa kita tampilkan di blog atau situs pribadi kita, bisa berupa widget dan bisa pula diintegrasikan bersama postingan konten. Postingan Twitter juga memiliki RSS feed, sehingga data mentah dari Twitter bisa fleksibel di tampilkan dimana saja.

http://techno.infospesial.net/

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar