Apa Itu Website ?

Mungkin kalian belum mengetahui sejarah / pengertian detail tentang website / situs. Berikut penjelasan dan sejarah tentang website yang menjadi hal penting dalam hidup saat ini.



Website


Situs Web adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (lan) melalui alamat internet yang dikenali sebagai url. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai waring wera wanua atau lebih dikenal dengan singkatan www.

Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis html, atau xhtml, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai http, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol https.

Sejarah

Penemunya adalah Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 april 1993, cern (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa www dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Situs Web Statis

Merupakan situs web yang memiliki isi tidak diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis:

• editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau textedit.

• editor wysiwyg, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. Perangkat lunak ini misalnya: Microsoft frontpage, macromedia dreamweaver.

• editor berbasis templat, beberapa utilitas tertentu seperti rapidweaver dan iweb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa html, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.

Situs Web Dinamis

Merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

Tidak seperti halnya situs web statis, pengimplementasian situs web dinamis umumnya membutuhkan keberadaan infrastruktur yang lebih kompleks dibandingkan situs web statis. Hal ini disebabkan karena pada situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.

Untuk memungkinkan server web menciptakan halaman web pada saat pengguna mengaksesnya, umumnya pada server web dilengkapi dengan mesin penerjemah bahasa skrip (php, asp, coldfusion, atau lainnya), serta perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional seperti mysql.

Struktur berkas sebuah situs web dinamis umumnya berbeda dengan situs web statis, berkas-berkas pada situs web statis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk sebuah situs web. Berbeda halnya dengan situs web dinamis, berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.

Beberapa Mitos Komputer dan Software

Komputer adalah alat yang dibutuhkan saat ini, komputer mampu membantu hal lebih cepat dan efisien, namun komputer juga terkadang memiliki beberapa mitos, seperti apa mitos tentang komputer.



Software populer selalu menjadi software terbaik

Perangkat Lunak menjadi sangat populer dan Anda tidak bisa mengabaikan mereka. Ambil contoh Photoshop untuk pengeditan foto. Sebenarnya, sebagian besar memiliki potensi untuk mendapatkan hak istimewa untuk disebut sebagai terbaik tapi tetap saja tergantung pada kebutuhan Anda.

Misalkan, Anda perlu meng-upload foto ke Galeri Web; Apakah Anda benar-benar membutuhkan Photoshop untuk mengedit dalam kasus ini? Photoshop memiliki jumlah alat dan fitur yang Anda mungkin tidak diperlukan untuk pekerjaan Anda.

Anda harus membayar untuk lisensi perangkat lunak. Jadi, lebih baik untuk pergi untuk editor foto sederhana atau editor foto online. Jika ingin menghasilkan kualitas profesional GIMP juga dapat melakukan keajaiban.

Oleh karena itu, sepenuhnya tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan dan output yang diharapkan sebelum memilih perangkat lunak.

Harus membayar untuk software bagus


Beberapa software gratis terkadang lebih baik ketimbang dengan software yang berbayar. Hal yang sama berlaku untuk Games, Anda tidak bisa mengabaikan fakta bahwa ada sejumlah permainan gratis yang dapat membuat Anda terlibat selama berjam-jam.

Jadi, selalu ada alternatif gratis untuk software tetapi masalahnya adalah dengan harapan pengguna yang mengharapkan program yang identik. Logikanya, software gatis memiliki batas-batas tertentu. Bahkan Autocad Populer memiliki alternatif gratis.

Software version harus selalu update


Pesan memberitahukan pengguna untuk membuat pembaruan sistem operasi, program, browser dan komponen merupakan bagian dari zaman kita. Sehingga timbul pertanyaan abadi: Apakah kita perlu atau tidak perlu di-upgrade ke versi terbaru?

Dalam kebanyakan kasus, NO. Update tidak selalu berarti perbaikan karena pemberitahuan jangka pendek yang sebagian besar tentang perubahan kecil yang tidak mempengaruhi semua orang. Beberapa software memberi peringatan agar Anda meng-upgrade produk dari versi 4.0.1.1 ke 4.0.1.2. Namun, perubahan yang signifikan tidak selalu ditambahkan. Anda dapat menonaktifkan peringatan tentang update terakhir. Ketika kita berbicara tentang anti-virus, sangat diperlukan untuk mempertahankan update terbaru.

Banyak program semakin buruk kinerja komputer


Puluhan faktor yang mempengaruhi kecepatan komputer, yaitu, tidak ada rumus yang yang menentukan kinerja akurat. Namun, pengatuan hardware dan pemeliharaan sistem operasi secara periodik adalah bahan utama untuk mencapai komputer yang cepat dan kuat.

Setiap instruksi program yang diinstal memodifikasi sistem registry dan beberapa secara otomatis terhubung dengan Windows (atau bahkan dengan aplikasi atau koneksi internet). Program dan game juga mengambil ruang pada HD.

Kondisi ini dapat membahayakan kinerja tugas. Namun, hanya dalam situasi yang ekstrim. Ketika HD penuh dengan konten (lebih dari 80% diduduki), ruang untuk memori virtual akan lebih kecil, yang mempengaruhi kecepatan pemrosesan RAM.

Format cara ampuh mengatasi komputer lambat

Beberapa teknisi komputer menganggap format sebagai prosedur standar, percaya bahwa proses ini mampu memecahkan semua masalah. Secara umum, menghapus semuanya dan mulai dari awal efektif, tetapi bukan satu-satunya cara.

Ada cara lain untuk meningkatkan kinerja tanpa harus pergi ke Seperti terjadi dalam hubungan dengan jumlah program yang diinstal “tindakan drastis.”, Menyadari program yang dimulai dengan Windows, registry bersih dan menjaga beberapa ruang pada hard drive Anda membantu kinerja .

Kadang-kadang, bahkan Disk Defragmenting untuk mengatur file dalam format diurutkan untuk mengakses lebih cepat dianjurkan dan untuk itu dianjurkan untuk menggunakan Semua dalam satu Perangkat Lunak Manajemen Disk.

Komputer tidak bisa terhubung dalam waktu yang lama

Sama seperti kita lakukan dengan elektronik lainnya, biasanya putuskan komputer saat tidak digunakan. Berpikir jernih, karena menghemat hardware dan menghemat listrik. Apa yang harus dilakukan ketika kita menggunakan komputer dengan waktu yang lama?

Apakah ada masalah jika kita meninggalkan komputer login untuk dapat mendownload file? Tidak, komputer Anda tidak akan rusak meski dalam 4 hari.

Namun, memang benar bahwa kehidupan suku cadang berkurang bila komponen komputer bekerja untuk waktu lebih lama. Tidak terbukti dalam kaitannya dengan uptime terus menerus dan memakai komputer lebih cepat. Di tengah semua ini, merupakan indikasi yang valid untuk memutuskan sambungan dari monitor.


Tip: semakin lama komputer terhubung dan pengolahan operasi, lebih banyak informasi yang disimpan dalam RAM (bahkan jika Anda menutup semua program). Reboot sistem dan kemudian menghapus temporary file untuk mencegah RAM lambat.

Screesaver melindungi Monitor

Nama “saver” membingungkan banyak orang yang berpikir bahwa screensaver memperpanjang umur monitor dan memastikan kelancaran., Pada awalnya model tabung CRT, screen saver tersebut benar-benar menghindari kehilangan kecerahan layar.

Namun, dengan teknologi saat ini (LCD, LED dan seterusnya.), Fungsi screensaver yang menghiasi layar dan tidak ada cahaya atau “perlindungan.”

Sebagaimana disebutkan di atas, cara terbaik untuk menjaga layar Anda atau mematikan monitor laptop /Layar , jalan keluar lain adalah dengan program sistem hibernate (siaga) secara otomatis, setelah beberapa waktu tidak terpakai.


Alasan Kenapa Pilih Twitter

Semakin banyak jejaring sosial yang bermunculan, seperti baru-baru ini Google merilis Google+. Facebook juga tetap menjadi jejaring sosial paling populer, meski begitu Twitter tetap menjadi trend tersendiri, dan bahkan semakin populer.



Apa si yang sebetulnya membuat Twitter makin disukai? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Jaringan Informasi

Pada Oktober 2009, di sela-sela konferensi Web 2.0 di San Fransisco, salah satu pendiri Twitter, Evan Williams, mengatakan: “Twitter bukanlah jaringan sosial. Jadi, oke saja untuk ga menjadi pengikut (follower) seseorang yg menjadi pengikutmu. Jangan khawatir dicap angkuh.”. Ia lebih menekankan Twitter sebagai jaringan informasi yg memberikan kabar terkini dari semua orang & membaginya ke seluruh dunia. “What we have to do is deliver to people the best and freshest most relevant information possible. We think of Twitter as it’s not a social network, but it’s an information network. It tells people what they care about as it is happening in the world,” jelasnya.

Ternyata pendirinya menyatakan bahwa Twitter bukan situs jejaring sosial tapi lebih ke jejaring informasi untuk menyebarkan berita terkini keseluruh belahan dunia.

2. Lebih Simple Lebih Fokus

Di Twitter, tidak ada update foto, update video, chatting, dan berbagai fitur lainnya. Berbeda dengan Facebook yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat banyak jumlahnya. Tetapi justru dgn karakternya yg simpel itu, Twitter makin disuka banyak orang. Dengan karakternya yang simpel, Twitter menjadi lebih fokus.

Disamping itu, Twitter juga dikenal singkat, padat dan efektif. Maksudnya? Di Facebook, ketika Anda hendak menuliskan status updates, jumlah karakter yang diperbolehkan adalah 420 krakter. Sedangkan untuk Twitter, karakter yg diijinkan hanya sebatas 140 saja. Ini bahkan lebih sedikit dr sebuah 1 kiriman sms. Lantas, apa kelebihan Twitter dr perihal ini? Dengan hanya 140 karakter, Anda dapat menuliskan kalimat seperlunya & karakter yang terbatas akan menyingkat ruang serta & nyaman dipandang mata yg membaca.

3. Tidak ada iklan

Seseorang menulis di blognya: “Saya juga ga tahu sebenarnya Twitter itu dapat uangnya dr mana, saya ga melihat adanya iklan di website Twitter. Mungkin itu adalah strategi pengembangnya yang merupakan investasi jangka panjang sehingga kelak Twitter akan berkembang pesat & mulai di lirik perusahaan besar seperti Microsoft, Google atau Yahoo untuk membelinya yg kemudian akan di komersialkan.”

4. No Game, No Quiz

Sebenarnya layanan resmi dari Twitter hanya update status tanpa aplikasi lain seperti foto, video, dan lain-lain. Jika di Twitter bisa melakukan itu adalah karena bantuan aplikasi dari luar Twitter. Karena hanya update status, maka pembicaraan di Twitter akan lebih fokus dan menarik, misalnya ketika ada musibah gempa, berita di Twitter akan terasa lebih aktual. Sementara di Facebook pada saat yang sama (saat terjadi gempa) masih terlihat orang-orang yang sibuk main game atau muncul juga laporan quiz-quiz yg kurang penting.

5. Bisa Dilihat Oleh Siapa Saja

Di Twitter, Jika Anda tidak mengaktifkan privacy, maka semua orang bisa membaca update status Anda. Semua orang juga bisa memfollow tanpa harus meminta konfirmasi dari kita. Mungkin alasan ini yang membuat beberapa artis, selebritis, politikus, mentri, sampai presiden pun sekarang punya twitter. Akun mereka biasanya di follow oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang.

6. Membedakan Follower dan Following

Artinya? Following adalah orang yang kita ikuti status updatenya. Sedangkan followers adalah orang yang mengikuti status update kita. Dalam Facebook, jika Anda menambahkan seorang teman (add) dan teman tersebut menerimanya, maka secara otomatis Anda akan menerima updates status dari teman Anda tersebut dan begitu juga sebaliknya. Nah hal ini berbeda dengan Twitter. Jika Anda menambah teman baru (follow) maka secara otomatis Anda akan menerima status updates dari teman baru Anda tersebut. Tapi, jika teman Anda tidak mengikuti (follow) Anda, maka teman Anda tidak akan menerima status updates Anda. Namun, saat ini Facebook telah menambahkan fitur serupa dengan ini.

7. Mengelompokan Teman

Twitter memiliki sebuah fitur bernama List, dimana pengguna bisa mengelompokkan orang yang di follow dalam sebuah group/daftar. Daftar teman yg dibuat bisa dilihat oleh publik dimana orang lain bisa melihatnya dan bisa juga dibuat private.

Caranya adalah, klik tombol “Create list”, sekarang Anda bisa memulai mencari Following atau Followers mana yang akan di masukkan dalam daftar List baru Anda tersebut. Misalnya Anda ingin mengelompokkan teman kampus dalam grup kampus. Nanti Anda akan mendapat alamat grup tersebut misalnya menjadi twitter.com/username/kampus.

8. Lebih Personal

Twitter support akan multiple posting. Apa maksudnya? Anda dapat menuliskan status yang ditujukan pada banyak teman-teman Twitter. Semisal sebagai berikut, saya menuliskan status: “Saya sedang berkumpul dengan @zidane @kaka @cristiano merayakan ultah @maurinho”. Perhatikan status tersebut. Dalam 1 status itu tertera 4 nama username. Artinya status Anda akan tertuju ke username yang bersangkutan (semacam pesan khusus, tapi bukan seperti email, dalam Twitter ada layanan email tapi bernama Direct Message).

9. Cara Berbeda Dalam Berkomunikasi

Di Facebook cara membalas update status adalah dengan menuliskan komentar yg muncul di bawah update status tersebut, begitu seterusnya secara berurutan (threaded). Sedangkan di Twitter, status tidak bisa di komentari secara langsung. Di Twitter, cara membalas update status adalah dengan menulis update status baru dengan menyertakan @namaorang yang dibalas.

10. Hashtags dan Trending Topics

Hashtags dipakai untuk menandai topik tertentu dalam pembicaraan di twitter, simbol yang digunakan adalah “#”. Dengan menggunakan hashtags, update status bisa dikelompokkan berdasarkan topik dalam hasil pencarian. Beberapa contoh hashtags yg pernah menjadi trending topic: #earthquake, #realmadrid #tsunami, #indonesiaunite dan lainnya. Trending topic adalah topik-topik yang sedang ramai dibicarakan oleh tweeps.

11. Group Posting


Di Twitter ada grup posting, atau postingan orang banyak yang muncul dalam satu akun Twitter. Contohnya: @infoll berisi info lalu lintas jabotabek dan seluruh Indonesia, @ayosholat berisi postingan yang berhubungan dengan aktivitas sholat, dan lain-lain.

12. Tool dan Aplikasi Pendukung

Banyak postingan tweet berasal dari macam-macam tools atau aplikasi, misalnya: tweetdeck, ubertwitter, tweete, twitpic, hootsuite. Dan aplikasi tersebut bisa dipakai dari bermacam-macam platform: mulai web, mobile, Blackberry, iPhone, dll. Selain itu banyak aplikasi tambahan yang membantu Twitter seperti aplikasi foto yang tidak dimiliki twitter.

13. Update dengan Ponsel Jadul

Selain update informasi langsung melalui web, Anda juga bisa memperbarui informasi melalui SMS langsung via handhone Anda. Sungguh asyik apabila Anda perlu menginformasikan hal terbaru dengan cepat apabila Anda tidak berada di depan komputer karena dalam perjalanan pun Anda bisa melakukannya.

Dan karena Twitter bisa diakses lewat SMS, artinya kita bisa meng-update status kita dimana saja dan kapan saja dari handphone.

14. Bersahabat dengan Website dan Blog Pribadi

Postingan Twitter bisa kita tampilkan di blog atau situs pribadi kita, bisa berupa widget dan bisa pula diintegrasikan bersama postingan konten. Postingan Twitter juga memiliki RSS feed, sehingga data mentah dari Twitter bisa fleksibel di tampilkan dimana saja.

http://techno.infospesial.net/

Game Rahasia Pada Situs Youtube



Internet lagi lemot, bosan nunggu buffering Youtube ? Main game saja. Youtube ternyata mempunyai rahasia game yang tersembunyi di halaman videonya.


Ketika waktu proses buffering video muncul bulatan-bulatan yang bergerak melingkar di bagian tengah video. Sebenarnya bulatan tersebut adalah ular pada game snake.

Untuk memainkannya kita tinggal tekan tombol panah atas keyboard. Seperti biasanya pada game snake, bulatan tersebut akan mengikuti tombol panah keyboard kita. Dan tentu saja ada "makanan" untuk ular agar tubuhnya bertambah panjang.

Mungkin hal ini sebagai pengalih kebosanan para pengguna, sederhana namun menarik.


http://techno.infospesial.net/ 

Game Iseng Yang Buat Orang Emosi

LOSE/LOSE game aneh dan berbahaya bagi file di komputer agan karena game ini memiliki kosekuensi yang real dan aneh, anda diminta untuk membunuh alien dengan pesawat tempur agan untuk mendapatkan score tapi setiap alien yang mati = salah satu file di komputer anda ter hapus, jikalau agan di bunuh alien maka game ini akan menghapus diri nya sendiri.

Untuk link downloadnya silahkan cari sendiri di google, karena situs ini bukan untuk download game. Tapi kalau mau coba, berarti anda akan siap untuk kehilangan file dari harddisk anda.



- Untuk resiko saya gak mau tanggung jawab salah sendiri download
- Jangan sampai ketagihan atau harddisk anda kopong
- Jangan sembarangan godain orang dengan game ini nanti marah
- Kasih game ini ke teman teman agan, tapi jangan kasih tau game ini berbahaya! biarin aja teman anda file file di komputernya hilang ! game ini cocok untuk hadiah (hadiah iseng) !!!!!
- Jangan ngasih ke orang yang di laptop/kompie nya banyak file penting (kalo ilang kan brabe)


Kalau masih belum ketemu juga linknya, bisa download di link yang terdapat dibawah ini  ( Sumbernya ).
http://www.kaskus.us/

5 Game PC Terbaik Sepanjang Masa

Dengan ceklak-ceklik mouse, seorang gamer bisa "terlempar" ke dunia impian yang futuristik, pertempuran nyata, bahkan sampai ke dunia virtual yang sarat kejahatan-kejahatan terorganisasi.

Itulah game. Bagi segelintir pekerja, game menjadi pelarian kala suntuk dan penat di sela rutinitas sehari-hari. Meski tak pernah disandingkan dengan jajaran konsol game, seperti Nintendo dan Sony, game PC selalu mendapat tempat tersendiri di kalangan gamer.

Ada beberapa game yang berhasil menarik perhatian dunia, bahkan sukses menoreh rekor sebagai game terlaris berdasarkan hitungan kopi yang tersebar. Berikut lima game PC terbaik sepanjang masa yang dipilih Information Week:

5. Mafia II . - Illusion Softworks 


Salah satu game terbaik di dunia untuk kategori third-person shooter, atau mengambil sudut pandang orang ketiga. Sempat menjadi sorotan karena game ini menceritakan secara nyata tentang kehidupan seorang mafia yang berkeliaran di Amerika Serikat di era 1940-an.

Game yang diterbitkan oleh 2K Games, label game dari Take-Two Interactives, membawa Anda ke dunia kejahatan terorganisasi virtual. Mafia II adalah sekuel game Mafia, yang sukses terjual dua juta kopi. Di dalamnya Anda diminta untuk menyelesaikan misi yang diwarnai dengan tembak-menembak, aksi kejar-kejaran mobil, sampai mencuri dokumen penting di gedung pemerintahan.

4. Half-Life - Valve Corp.


Anda pasti tahu Counter-Strike atau CS. Betul, CS adalah bagian dari Half-Life, game taktik di kategori first-person shooter (mengambil sudut pandang orang pertama). Popularitasnya tak perlu dipertanyakan. Lebih dari 50 penghargaan Game of the Year dari berbagai ajang direbutnya.

Tak hanya itu, beberapa kali game ini selalu bertengger sebagai game terbaik di beberapa website selama berbulan-bulan. Half-Life menjadi game pertama yang sukses mengombinasikan pertarungan dua kubu, counter-terrorist dan terrorist, dengan skenario sarat teka-teki dan penuh strategi.

3. Call of Duty - Activision


Call of Duty merupakan game first-person shooter di era perang dunia kedua. Muncul pertama kali pada 2003 dan terus meluas ke global. Kini game ini semakin populer bahkan di Indonesia. Tak cuma di PC, game itu juga laris di koridor konsol.

Kabarnya, Activision saat ini sedang mempersiapkan Call of Duty: Modern Warfare 3, versi kedelapan Call of Duty, dan akan dirilis pada 2011. Yang terdekat, Activision akan merilis Call of Duty: Black Ops pada November 2010. Tunggu saja kejutan baru dari Activision.

2. World of Warcraft (WoW) - Blizzard


Sulit dipungkiri jika Warcraft memang game terbaik di kategori Massive Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG). Sejak diluncurkan pada 1994, Warcraft terus merangkak populer ke seluruh dunia.

Di dalamnya, gamer disuguhkan sebagai peran yang bisa dieksplorasi, diajak bertualang, dan mencari sumber daya yang bisa digunakan untuk bertahan hidup sekaligus berperang. Ribuan orang dapat bermain di game ini. Mereka dapat berinteraksi langsung di satu dunia. Masing-masing gamer dapat memilih untuk beraliansi dengan siapa dan bermusuhan dengan siapa.

1. The Sims - Electronic Arts (EA)


Dikembangkan oleh Maxis dan diterbitkan oleh EA, The Sims melejit cepat di dunia game. Dalam waktu sebulan, game ini mencatat penjualan fantastis, yaitu 6,3 juta kopi! Tak heran, The Sims bisa dibilang game ringan nan santai, sehingga bisa dimainkan di berbagai tingkat usia.

Dalam simulasi permainannya, pemain menciptakan masyarakat yang saling berinteraksi sosial. Masyarakat itu tumbuh dari anak-anak hingga dewasa. Persis seperti kehidupan nyata. Anda seolah-olah diberikan kuasa untuk membuat dunia impian Anda selama ini. Bravo!

http://teknologi.vivanews.com/

1 Milliar Fans Merupakan Target Dari Angry Bird's

Game "Angry Birds" memang dikenal sebagai game yang membuat paara pemainnya kecanduan. Tak heran jika Rovio, pengembang game Angry Birds, pun menyebut aplikasi game ini telah diunduh lebih dari 300 juta kali.



Petinggi Rovio, Peter Vesterbacka, lalu mengatakan Rovio kini menargetkan "Angry Birds" memiliki 1 miliar fans di seluruh dunia. Target ini dikatakan Vesterbacka di konferensi Fortune's Brainstorm Tech. 

Untuk meraih target itu, pembuat game ini akan mengembangkan produk tentang burung galak penghancur babi ini. Jika selama ini "Angry Birds" dikenal di aplikasi game iPhone, iPad, atau Android, maka Rovio akan mengembangkan franchise-nya ke dalam bentuk lain, baik itu mainan atau merchandise.

Selain itu, "Angry Birds" juga disiapkan dalam bentuk seri animasi, film, seri, buku berseri, bahkan buku resep untuk masakan khusus telur. Untuk film "Angry Birds", baca lebih lengkap di tautan ini.

"Kami telah diingatkan untuk tidak membuat film, serial televisi, dan mainan," kata Vesterbacka. "Tapi kami telah menjual lebih dari 8 juta mainan. Jika kamu memiliki brand yang kuat, kamu tentu bisa melakukan apa saja," lanjutnya.

Pemain game "Angry Birds" selalu berusaha menyelesaikan setiap level yang ada di game, dengan melontarkan burung-burung ini ke sasarannya, yaitu para babi yang mencuri telur. Namun, pemain selalu kesulitan karena para babi berlindung di benteng-benteng yang terbuat dari kayu dan batu.

Rovio memang sengaja merancang game ini dengan seimbang. Pemain dibuat tertantang, sekaligus frustrasi karena kesulitan menyelesaikan tiap level permainan. Strategi inilah yang membuat pecandu game ini terus bertambah.

"Sangat penting untuk tidak menyalahkan para pemain. Ada perasaan hebat saat kita akhirnya berhasil melewati level yang sulit, walau berhari-hari kita coba untuk lewati," ujar Vesterbacka. 

Walau berhasil menjadi populer, Vesterbacka menyebut Rovio tidak semata dinaungi keberuntungan. "Kami telah membuat 51 games sebelum "Angry Birds", jadi sukses tak diraih dalam semalam," ujarnya.

http://teknologi.vivanews.com/

3 Mantra | Masuki Dunia Hiburan Musik Indonesia

Tiga manusia tradisional, salah satunya adalah paranormal kini mencoba peruntungannya di dunia musik tanah air. Mereka adalah paranormal Ki Joko Bodo, Ki Joko Wasis si pelukis handal dan pelukis Ki Joko Yono.
Membawa nama 3 Man-Tra alias tiga manusia tradisional, mereka berkolaborasi mengusung musik komedi yang bergaya modern pop.



Lalu apa sih sebenarnya yang dicari para manusia tradisional ini?

Ki Joko Bodo merupakan paranormal yang fenomenal di Indonesia. Sementara itu Ki Joko Wasis adalah seorang pelukis handal. Dia akan berinteraksi melukis wajah dengan mata tertutup kain hitam. Sedangkan Ki Joko Yono dengan skill sebagai penulis, diakui aktif di sanggar seni/drama musikal dengan jumlah murid sekitar 1 000 orang yang terdiri dari anak-anak dan dewasa.

“Masyarakat kita kan butuh hiburan lewat lagu-lagu jenaka untuk penangkal stres,” imbuh Ki Joko Bodo.
Kendati satu dari mereka adalah paranormal, masih kata Ki Joko Bodo, mereka tetap akan melakukan cara-cara fair dalam berkompetisi di dunia musik.

"Nggak mungkinlah kami melakukan cara supranatural yang tujuannya biar cepat ngetop atau populer," kata Ki Joko Bodo meyakinkan.

Sementara itu menurut Zee Lee selaku produser dari Zone Musik Indonesia, eksistensi ‘3 Man -Tra’ diharapkan bisa terus berkesinambungan. Bahkan sekarang sedang mempersiapkan untuk pembuatan albumnya.


Musik adalah bahasa yang mudah dicerna siapa saja. Musik menjadi media bagi banyak orang dari beragam latar budaya, gender, pendidikan, pekerjaan dan banyak lagi untuk bisa menuangkan ide dan gagasan musikal mereka dalam wujud nada dan lagu.

Semua memiliki hak yang sama di industri musik Indonesia yang penuh warna dan dinamika ini. Satu lagi pendatang baru di blantika musik Indonesia, mereka adalah trio bertajuk 3 Man-Tra (tiga manusia tradisional).

Mau tahu siapa mereka, latar belakangn, hingga keunikan dari trio ini?
Komposisi trio baru bernada up-beat sangat catchy, dibawah label 'Zone Musik Indonesia', 3 Man-Tra diharapkan akan menjadi sebuah grup penghibur baru di blantika musik Indonesia.
Trio yang digawangi oleh 3 paranormal terkemuka Indonesia yakni Ki Joko Bodo, Ki Joko Wasis, dan Ki Joko Yono. Nama yang mereka pilih sangat unik yakni 3 Man-Tra, yang memiliki singkatan dari 3 Manusia Tradisional.

Dengan membawakan lagu berjudul 'Kadukuniku' ketiga paranormal ini menjajal musik Indonesia dengan sebuah komposisi yang sangat menarik yang melakukan pendekatan musik dengan komedi yang terbilang unik dan menarik karya cipta dari Ki Joko Bodo.

“Kemunculan kami di jagad musik, bukan sekadar untuk meramaikan saja. Tapi demi memenuhi tuntutan zaman. Lewat single pertama yang bertajuk Kadukuniku, kami ingin menertawakan kehidupan yang ada,” tegas Ki Joko Bodo dalam rilis yang diterima Tribunnews.

http://id.omg.yahoo.com/

Skype Dibeli Oleh Microsoft Seharga 8.5 Dolar

Skypersoft ternyata bukan isapan jempol belaka, Microsoft sepakat membeli Skype senilai 8.5 miliar dolar AS, seperti dilaporkan LA Times.


Pembelian Microsoft terbesar sebelumnya adalah perusahaan iklan online aQuantive senilai 6 miliar dolar pada tahun 2007.

"Skype adalah produk fenomenal dan digandrungi oleh ratusan juta orang di seluruh dunia," kata Kepala Eksekutif Microsoft Steve Ballmer dalam sebuah pernyataan.

"Divisi Skype akan terus menawarkan produk-produk terbaru ke jutaan pengguna di seluruh dunia," kata Microsoft.

"Untuk jangka panjang, Skype akan diintegrasikan ke berbagai produk Microsoft untuk memperluas jangkauan Skype dan mempercepat akeselari pertumbuhan cara orang  berkomunikasi melalui online. Karyawan Skype akan tetap berada di kantornya masing-masing termasuk Estonia, Republik Ceko, Rusia, Swedia, Inggris, Luksemburg, Jepang, Singapura, Hong Kong, dan Amerika Serikat," kata Microsoft.

Bates mengatakan," kombinasi Microsoft dan Skype akan mampu mempercepat misi Skype mencapai 1 miliar pengguna setiap hari."

Perangkat lunak Skype digunakan oleh 170 juta orang setiap bulan melalui PC, tablet, ponsel pintar bahkan TV.  Skype memungkinkan pengguna di rumah berbicara dengan suara atau video melalui web secara gratis.

http://www.antaranews.com/

Kompetisi Ide Game " Indonesia Bermain "

Siapa bilang bermain game hanya menghabiskan waktu saja? Event Indonesia Bermain mencoba membuktikan bahwa kegiatan bermain penuh dengan semangat positif.


Gelaran Indonesia Bermain diadakan Sabtu-Minggu (22-23 Oktober 2011) di Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung, Bandung. Kegiatan ini digelar oleh Kummara, Agate Studio dan rekan-rekan.

"Setiap hal, baik game atau yang lainnya, pasti ada sisi negatif dan positifnya. Kami berusaha mengedapankan hal positif dari bermain," kata Eko Nugroho dari Kummara, saat membuka event tersebut.

Acara Indonesia Bermain diramaikan oleh berbagai permainan, baik digital maupun konvensional. Serunya, banyak permainan yang hadir adalah karya anak negeri sendiri.

Selain itu, terdapat sentra bermain keluarga yang bisa digunakan pengunjung, terutama anak-anak, untuk merasakan pengalaman bermain yang mengasyikkan.

Kompetisi bermain, boardgame dan digital game, juga diadakan dalam rangkaian acara ini. Termasuk kompetisi membuat ide game buatan sendiri.

Untuk yang lebih serius, tapi tetap dengan tema bermain, digelar rangkaian konferensi dengan berbagai materi yang membawa semangat positif bermain.

Minat masyarakat mengikuti kompetisi ide game (permainan) yang diadakan "Indonesia Bermain" cukup tinggi yang membuktikan kreativitas menciptakan sebuah game sangat baik.

"Sudah banyak masyarakat yang menanyakan lewat surat elektronik dan setidaknya 16 peserta ada yang mengirimkan formulir untuk ikut kompetisi," kata Manajer Public Relation "Indonesia Bermain" Yunita Anggraeni di Jakarta, Senin.

Menurutnya, diadakannya kompetisi ini adalah untuk menampung kreativitas masyarakat yang memiliki ide untuk menciptakan game sehingga bisa menjadi ajang permainan dan memiliki nilai ekonomi sehingga mampu dinikmati masyarakat luas.

Dia mencontohkan, sejumlah karya game besar berawal dari ide sederhana, seperti permainan Monopoli yang sesungguhnya berawal dari keinginan untuk mendemokan sebuah konsep ekonomi. 

Contoh lain sebuah ide tentang simulasi pertanian telah menghasilkan sejumlah game populer, seperti "Harvest Moon dan Farmville".

Yunita menilai tidaklah sulit untuk mendapatkan sebuah ide untuk game mengingat banyak hal yang terjadi di sekitar yang dapat disimulasikan ke dalam game. 

"Pengalaman bermain pun dapat memunculkan ide-ide baru di kepala kita. Tantangannya adalah bagaimana mewujudkan ide tersebut menjadi nyata. Indonesia Bermain memberikan kesempatan kepada semua orang untuk mewujudkan ide gamenya melalui Kompetisi Ide Game," katanya.

Terdapat tiga kategori yang dikompetisikan yaitu "Digital Game, Board Game, dan Nokia Mobile Game Idea Competition" dan peserta dapat mengirimkan ide game sebanyak-banyaknya dengan mengunduh formulir pendaftarannya di www.indonesiabermain.com/competition. 

Didukung oleh Agate Studio, sebuah Game Developer Indonesia yang bermarkas di Bandung, Kummara serta NOKIA, ide game terbaik akan diwujudkan dan bisa dimainkan oleh banyak orang.

Pendaftaran dan penerimaan kompetisi ide game ini dibuka dari 1-31 Agustus 2011. Selain Game Idea Competition yang menjadi rangkaian acara Indonesia Bermain, akan ada permainan "massive game" yang melibatkan seluruh pengunjung pada saat yang bersamaan yang akan digelar pada acara utamanya yaitu 22 dan 23 Oktober 2011 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung.

Dikatakan, acara Indonesia Bermain ini bertujuan untuk mengembalikan bermain sebagai aktivitas yang penting dan bernilai positif. 

Berbagai potensi besar dari semua jenis media permainan baik digital dan konvensional akan ditampilkan disini baik sebagai produk maupun sebagai media kreatif bernilai tinggi.

"Kreativitas adalah poin utama, dan kami yakin kreativitas di dalam bermain tidak ada hubungannya dengan usia atau kemampuan teknis. Oleh karena itu, tidak ada batasan usia atau latar belakang pekerjaan untuk ikut dalam kompetisi ini. Siapapun boleh ikut," katanya. 

Agate Studio adalah sebuah game developer company yang berbasis di Bandung, Jawa Barat, telah menciptakan lebih dari 80 games, dengan berbagai platform dan beragam tujuan. 

Kummara creative studio adalah developer sekaligus penerbit seri "Board Game Indonesia" (BoardgameID) dalam bentuk konvensional dan digital. 

Selain sebagai sebuah media permainan yang sangat menarik beberapa board game Kummara juga telah digunakan sebagai media pembelajaran, iklan, serta cinderamata kreatif.  

Wafatnya Pembalap Simoncelli



Pebalap MotoGP Gresini Honda asal Italia, Marco Simoncelli akhirnya meninggal setelah kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (23/10/11). Demikian pengumuman resmi seperti dikutip AFP.

Kecelakan tersebut melibatkan Marco Simoncelli, Colin Edwards, dan Valentino Rossi, sehingga bendera merah dikibarkan dan GP Malaysia musim 2011 ini pun secara resmi dibatalkan.

Pada awal lomba, empat pebalap Honda langsung berada di depan setelah lampu merah padam. Stoner, yang start dari urutan kedua, berhasil mendahului Pedrosa, selaku pemegang pole position, disusul Andrea Dovizioso, dan Simoncelli. Hanya satu lap saja, Stoner, yang akhir pekan lalu sudah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2011, sudah unggul lebih dari 1 detik atas Pedrosa.

Namun di posisi keempat, terjadi pertarungan seru antara Simoncelli dengan pebalap Rizla Suzuki, Alvaro Bautista. Mereka saling mendahului dalam beberapa kesempatan, sebelum kecelakaan horor menimpa Simoncelli, yang terlibat dalam benturan antara dirinya dengan pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards, dan pebalap Ducati, Valentino Rossi.

Saat memasuki lap kedua di Tikungan 11, Simoncelli jatuh dan melibatkan pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards,dan pebalap Ducati, Valentino Rossi.

Kecelakaan horor itu menyebabkan Simoncelli terkapar di trek dengan helm terlepat dan dia sama sekali tidak bergerak, sedangkan Edwards terseret keluar trek dan mengalami dislokasi bahu. Sementara itu Rossi selamat, karena mampu menguasai motor sehingga hanya melebar ke luar trek dan Ducati GP11.1 tunggangannya hanya mengalami kerusakan ringan.

Usai kecelakaan tersebut, marshal langsung mengibarkan bendera merah tanda balapan dihentikan. Tetapi, rupanya keadaan tak memungkinkan untuk melakukan balapan pada hari Minggu ini, karena tim medis konsentrasi memperhatikan kondisi Simoncelli - belum ada keterangan resmi kondisi pebalap Italia itu, dan trek pun tak siap untuk gelar balapan, sehingga panitia mengumumkan tak bisa menggelar lomba seri ke-17 ini.


http://olahraga.kompas.com/

6 Tokoh Horror Yang Paling Terkenal Di Amerika

Film horror pasti memiliki karakter antagonis. Wujudnya bisa berbagai macam. Dari manusia, hantu, sampai makhluk aneh. Merekalah yang menjadi daya tarik sebuah film horror. Kehadiran karakter setan ini acapkali justru menjadi titik pusat perhatian penonton mengalahkan porsi sang jagoan.

Hollywood telah cukup banyak memproduksi film horror. Sejumlah di antaranya berhasil mendulang sukses dan tercatat dalam sejarah. Para setan dalam film-film tersebut sontak menjadi maskot. Dalam artikel ini gue ingin sedikit merangkum beberapa di antara mereka yang terhitung telah melegenda dan kerap ditunggu pemunculannya.


JASON VOORHEES


Nama ini harus di tempatkan di urutan pertama. Jason Voorhees adalah setan yang muncul dalam film horror legendaris Friday The 13th (tak ada hubungannya dengan serial jadul di TVRI). Film ini telah memasuki sequelnya yang ke-11 setelah film perdananya dirilis pada tahun 1980. Uniknya, pada film pertamanya itu yang muncul sebagai karakter antagonis adalah Mrs Pamela Voorhees, sang ibu dari Jason. Jason Voorhees baru muncul sebagai setan di sequel kedua dan seterusnya.

Jason Voorhees adalah seorang anak yang tenggelam di Camp Crystal Lake. Ia adalah korban dari ketidakpedulian para pemuda yang sedang melakukan aktivitas di Camp tersebut. Setelah beranjak dewasa ia membalas dendam dengan membantai semua orang yang berkegiatan di tempat itu.

Jason Voorhees memiliki ciri khas. Dalam pemunculannya ia kerap menggunakan topeng hoki dan membawa senjata golok atau parang besar. Sejak kemunculannya yang pertama, Jason Voorhees telah membantai lebih dari 150 orang di semua filmnya. Salah satu adegan yang cukup berkesan adalah saat ia berduel dengan Tommy Jarvis dalam film Friday the 13th Part-4: The Final Chapter (1984).


FREDDY KRUEGER


Siapa yang tak mengenal setan yang satu ini. Ia adalah bintang film horror legendaris A Nightmare on Elm Street. Film yang dirilis perdana pada tahun 1984 ini telah memiliki 8 sequel. Freddy Krueger memiliki modus operandi yang unik dalam melakukan pembantaian. Ia melakukannya di dalam mimpi sang korban.
Dalam kehidupan normalnya, Freddy Krueger adalah seorang pembunuh anak kecil. Ia lantas mendapatkan amarah dari para orang tua yang kalap hingga membakarnya hidup-hidup. Freddy akhirnya kembali menjadi mimpi yang paling mengerikan dalam tidur setiap korbannya.
Berbeda dengan Jason Voorhees, Freddy Krueger cukup memiliki sense of humor. Ia juga cukup banyak bicara. Seringai lebar dari wajahnya yang rusak dilengkapi dengan kaos khas merah hitam dan tentunya sarung tangan lancip dari logam semakin membuatnya menjadi karakter setan. 


MICHAEL MYERS


Michael Myers membunuh kakak perempuannya dengan sadis saat ia masih berumur 6 tahun hingga dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Seolah benar-benar menjadi setan yang nyata, ia kembali mendatangi keluarganya mendekati hari Halloween untuk membantai mereka yang tersisa.
Film Halloween dirilis pertama kali pada tahun 1978 oleh sutradara kondang John Carpenter. Sampai sekarang sembilan film Halloween telah dibuat. Karakter Michael Myers akhirnya menjelma menjadi salah satu ikon horror yang menakutkan melalui film tersebut. Meskipun berpenampilan tenang dibalik topeng dinginnya, jumlah korbannya tercatat sudah lebih dari 70 orang.


CHUCKY


Chucky hanyalah sebuah boneka. Sebuah mainan anak-anak. Tapi siapa sangka boneka itu dirasuki ruh jahat yang siap membantai siapa saja.
Film Childs Play pertama kali dirilis pada tahun 1988. Itulah film pertama tentang boneka maut Chucky. Sampai saat ini telah 5 film yang dibuat khusus untuk bercerita tentang keganasan Chucky. Bahkan pada tahun 2009 telah direncanakan film Chucky berikutnya.
Asal muasal keganasan Chucky sebetulnya dimulai saat ada seorang pembunuh yang tertembak mati di sebuah toko mainan anak-anak. Pengaruh ilmu hitam akhirnya membuat ruhnya mampu bertransformasi ke dalam bentuk apapun. Hingga ia menemukan sebuah boneka sebagai tempat bersemayamnya hingga saat ini.
Keuntungan Chucky yang tidak dimiliki oleh rival-rivalnya adalah bentuk fisiknya yang hanya sebuah boneka.Calon korban tak akan sekalipun berpikir buruk tentang pembantaian yang akan terjadi pada dirinya.


MONSTER FRANKESTEIN


Sama seperti Dracula, Frankenstein muncul di jaman klasik melalui novel. Film pemula yang mengangkat tema cerita karangan Mary Shelley itu adalah Frankenstein (1931). Boris Karloff dipercaya untuk memerankan monster hasil karya sang Dr. Henry Frankenstein.
Monster Frankenstein sesungguhnya adalah gabungan dari berbagai bagian tubuh manusia yang telah mati. Obsesi Dr. Henry Frankenstein sebagai seorang ilmuwan yang akhirnya mencetuskan ide gila tersebut. Susunan tubuh lengkap monster ciptaannya kemudian bisa hidup dengan bantuan tenaga listrik dari petir.
Ide gila itu berbuntut sebuah kengerian. Monster Frankenstein menjelma menjadi sang pembunuh dan memunculkan kengerian massal di kotanya.





SCREAM


Film Scream (1996) saat dirilis mendapatkan sambutan yang luar biasa di kalangan moviegoers. Di Amerika film keren tersebut berhasil mendulang pemasukan lebih dari $100 juta. Scream juga mengibarkan trend baru film-film slasher. Kekerasan seorang pembunuh, muatan kritik cerdas terhadap film horror, dipadu dengan teka-teki siapa pembunuh sebenarnya, diracik dengan apik oleh sutradara kondang Wes Craven yang juga mendunia dengan A Nightmare on Elm Street.
Sukses tersebut berbuah menjadi trilogy, masing-masing Scream 2 (1997) dan Scream 3 (2000). Dari semua film Scream, pembunuh berantai yang terhitung paling mengesankan adalah dari Scream yang pertama. Sosok anak muda yang benar-benar menjadi psikopat dan membantai siapapun dengan berbagai cara.
Dalam aksinya para pembunuh dalam film Scream selalu mengenakan topeng dan jubah bermotif tengkorak menakutkan.


http://rendyanggara.wordpress.com/

Bangunan Terunik di Dunia

Walt Disney Concert Hall – Los Angeles, USA




Dancing House – Prague, Czech Republic




The Cooper Union for the Advancement of Science and Art – New York, USA




Seattle Central Library – Seattle, USA




Bull Ring – Birmingham, UK




Denver Art Museum – Denver, USA




Stata Center – Cambridge, USA




Solar Furnace – Odeillo, France




Royal Ontario Museum -Toronto, Canada




http://terselubung.blogspot.com/

Tembok Besar China Yang Terancam Roboh

Salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Tembok Besar China, saat ini terancam roboh akibat maraknya aktivitas penambangan di sekitarnya. Tragisnya, selain dilakukan secara ilegal, penambangan di sekitar tembok yang memiliki panjang 6.400 kilometer dan melintasi 11 provinsi China itu juga dilakukan secara legal.



Seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu 22 Oktober 2011, tembok terpanjang yang pernah dibuat manusia itu terancam ambrol. Salah satunya bagian tembok yang berada di desa Laiyuan, Provinsi Hebei, 200 kilometer barat daya Beijing. Tembok yang melewati desa ini letaknya memang jauh dari tempat wisata yang paling sering dikunjungi turis seperti di dekat Beijing.

Di Desa Laiyuan itu, kini terdapat puluhan tambang kecil. Jaraknya hanya 100 meter dari dinding tembok yang kokoh itu. Para penambang menggali tanah di sekitarnya untuk mencari tembaga, besi, dan nikel. Akibat aktivitas tersebut, stabilitas dinding yang telah berusia berabad-abad lamanya menjadi terganggu.

"Karena banyak dari penambang tersebut memiliki izin resmi, maka pihak konservasi tidak dapat melakukan apa-apa," kata Wakil Ketua Umum Great Wall Society, Dong Yaohui.

Menurut Dong Yaohui, izin resmi penambangan tersebut dikeluarkan oleh biro sumber daya mineral pemerintah daerah setempat (Laiyuan) tanpa berkonsultasi dengan Departemen Warisan Budaya. Selain itu, surat izin itu dikeluarkan tanpa mempertimbangkan keberadaan tembok China yang telah mendatangkan jutaan turis setiap tahun.

Selama ini, Biro Sumber Daya Mineral Laiyuan berdalih penambangan tersebut hanya menimbulkan sedikit kerusakan. Mereka justru menuduh para penambang ilegal yang merusak kawasan tersebut. Selain itu, mereka mengklaim kerusakan itu dapat diperbaiki dengan dana perbaikan yang dikucurkan setiap tahun.

"Masalah utamanya bukan uang, melainkan cukup mengeluarkan peraturan yang menyatakan penggalian untuk pertambangan tidak dapat dilakukan dalam radius tertentu di sekitar tembok besar China. Maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk memperbaiki tembok yang roboh," pungkas Dong Yaohui.

http://dunia.vivanews.com/

Kota Dengan Suhu Tertinggi

BOJONEGORO - Seperti diberitakan, suhu udara di Kota Bojonegoro, Kamis (20/10/2011), mencapai 43,8 derajat Celsius. Ini melampaui suhu udara di Mekkah, Arab Saudi, yang kemarin hanya 40 derajat Celsius.


Suhu udara di Bojonegoro itu lebih tinggi dibandingkan sengatan mentari di Padang Arafah, tempat berkumpulnya sekitar tiga juta umat Islam dari seluruh dunia yang tengah melaksanakan wukuf. Pada Selasa (18/10/2011), suhu udara di padang gurun seluas 5,5x3,5 kilometer persegi itu mencapai sekitar 38-42 derajat Celcius.
Itu sebabnya, para jemaah haji cepat letih. Maklum, Padang Arafah sangat gersang dan hanya sedikit terdapat bangunan, karena di luar musim haji, nyaris tidak ada manusia yang singgah ke situ. Beruntung ada rerimbunan pohon mindi yang bisa dipakai berteduh. Jemaah biasa menyebutnya sebagai "Pohon Soekarno' karena memang memang mantan presiden RI itulah yang pertama kali menanamnya di sana.
Namun, apakah suhu 43,8 derajat Celsius itu suhu tertinggi yang pernah terjadi di muka bumi? Berdasar catatan, rekor suhu tertinggi pernah dicapai di kawasan Al ‘Aziziyah, Sahara, Libya, yakni 57,8 derajat Celcius. Ini terjadi pada 13 September 1922.
Al ‘Aziziyah adalah kota di Distrik Al Jfara, di barat laut Libya, 55 kilometer (34 mil) barat Tripoli. Al ‘Aziziyah merupakan pusat perdagangan utama dari dataran tinggi Jeffare Sahel, berada di jalur perdagangan dari pantai ke Pegunungan Nafusa dan wilayah Fezzan ke selatan.
Rekor berikut dicatat Death Valley, Amerika Serikat. dengan suhu udara 56,7 derajat Celcius pada 10 Juli, 1913. Death Valley adalah padang pasir di Timur California, di Gurun Mojave, lokasi paling kering, dan terpanas di Amerika Utara.
Setelah itu tercatat di kawasan tandus Mitraba di Kuwait utara yang pada 15 Juni 2010 suhu udaranya mencapai 55 derajat Celcius. Ini disusul Tirat Zvi, Israel, yang pada 21 Juni 1942 mencatat suhu 53,9 derajat Celcius, dan Mohenjo-daro, Pakistan, yang pada 26 Mei 2010 mencatat 53,5 derajat Celcius.
Suhu udara panas mengingatkan kita pada bencana gelombang panas. Seperti terjadi di kawasan tengah dan timur Amerika Serikat dan Kanada Juli 2011 lalu, gelombang panas dengan suhu mencapai 37 derajat Celcius telah menewaskan sedikitnya 22 orang per 22 Juli 2011. Gelombang ini merupakan perpaduan antara suhu udara yang panas dengan tingkat kelembapan tinggi. Gelombang panas rutin terjadi di Amerika Serikat dan rata-rata menewaskan 162 orang setiap tahun.
Hawa panas selama dua bulan juga telah menewaskan 66 warga Jepang dan mengirim sekitar 15.000 orang ke rumah sakit. Separo dari korban tewas saat berada di dalam ruangan, dalam bencana yang terjadi akhir Juli 2010 itu. Saat itu udara bersuhu sekitar 35 derajat Celcius berpadu dengan kelembapan udara tinggi.

http://id.berita.yahoo.com/

Sejarah Dari Barcode dan Cara Membacanya




Barcode adalah susunan garis cetak vertikal hitam putih dengan lebar berbeda untuk menyimpan data-data spesifik seperti kode produksi, nomor identitas, dll sehingga sistem komputer dapat mengidentifikasi dengan mudah, informasi yang dikodekan dalam barcode.

Dewasa ini barcode dapat dijumpai dimana-mana. Coba ambilah sebuah produk di supermarket terdekat, dan periksa apakah terdapat banyak garis hitam vertikal warna hitam yang saling berdekatan. Itulah yang disebut barcode. Di dalam barcode tersebut terdapat informasi (umumnya berupa angka). Angka tersebut biasanya juga tercantum di bawah barcode tersebut.

Mungkin anda bertanya, kalau sudah ada kode angka, mengapa masih diperlukan barcode? Jawabnya adalah bagi alat (atau komputer) lebih mudah membaca sesuatu yang bersifat digital daripada angka yang bersifat analog. Kode barcode dengan warna contrast (biasanya hitam di atas putih) sangat mudah dikenali oleh sensor optik CCD atau laser yang ada pada alat pemindah, untuk kemudian diterjemahkan oleh komputer menjadi angka.

Ada beberapa standarisasi jenis barcode. Berikut ini adalah jenis barcode yang sering digunakan:


Code 39, sebagai simbolik yang paling populer di dunia barcode non-retail, dengan variabel digit yang panjang. Namun saat ini code 39 makin sedikit dipergunakan dan digantikan dengan Code 128 yang lebih mudah dibaca oleh pemindai.

Universal Product Code (UPC)-A, terdiri dari 12 digit, yaitu 11 digit data, 1 check digit : untuk kebutuhan industri retail.

UPC-E, terdiri dari 7 digit, yaitu 6 digit data, 1 check digit : untuk bisnis retail skala kecil.

European Articles Numbering (EAN)-8, terdiri dari 8 digit, yaitu 2 digit kode negara, 5 digit data, 1 check digit.

EAN-13 atau UPC-A versi Eropa, terdiri dari 13 digit, yaitu 12 digit data, 1 check digit

TIpe barcode yang banyak di Indonesia adalah EAN 13, yaitu kode barcode dengan 13 digit. Dimana 3 kode awalnya merupakan kode negara Indonesia (899). Kemudian empat angka berikutnya menunjukkan kode perusahaan. Selanjutnya lima angka secara berturut-turut merupakan kode produk dan angka terakhir berupa validasi atau cek digit.


Sejarah Barcode

Pada tahun 1932, Wallace Flint membuat sistem pemeriksaan barang di perusahaan retail. Awalnya, teknologi barcode dikendalikan oleh perusahaan retail, lalu diikuti oleh perusahaan industry. Lalu pada tahun 1948, pemilik toko makanan lokal meminta Drexel Institute of Technology di Philadelphia untuk membuat sistem pembacaan informasi produk selama checkout secara otomatis.

Kemudian Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland, lulusan Drexel, bergabung untuk mencari solusi. Woodland mengusulkan tinta yang sensitif terhadap sinar ultraviolet. Prototype ditolak karena tidak stabil dan mahal. Tangal 20 Oktober 1949 Woodland dan Silver berhasil membuat prototipe yang lebih baik.

Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1952, mereka mendapat hak paten dari hasil penelitian mereka. 1966: Pertama kalinya barcode dipakai secara komersial adalah pada tahun 1970 ketika Logicon Inc. membuat Universal Grocery Products Identification Standard (UGPIC).

Perusahaan pertama yang memproduksi perlengkapan barcode untuk perdagangan retail adalah Monach Marking. Pemakaian di dunia industri pertama kali oleh Plessey Telecommunications. Pada tahun 1972, Toko Kroger di Cincinnati mulai menggunakan bull’s-eye code. Selain itu, sebuah komite dibentuk dalam grocery industry untuk memilih kode standar yang akan digunakan di industry.

Pada tanggal 3 April 1973: Komite memilih simbol UPC (Uniform Product Code) sebagai standar industry.





Cara Membaca Barcode






Apabila kita amati barang-barang belanjaan kita dari supermarket/ swalayan, kita akan menemukan adanya kode-kode tertentu dalam bentuk batangan (bar) atau lebih populernya "barcode" pada setiap item yang kita ambil di supermarket/ swalayan itu. Barcode ini biasaya diikuti dengan angka-angka tertentu di bawahnya.

Barcode diciptakan untuk mempermudah dan mempercepat pengecekan barang dan melakukan tracking terhadap inventory.

Jenis-jenis barcode yang digunakan sangat banyak dari first generation sampai third generation, dari 1 dimensional matrix sampai 2 dimensional matrix. Bentuknya pun bermacam-macam, ada kotak, dot, hexagon dan bentuk geometris lainnya.

Barcode yang umum digunakan adalah barcode dengan 12 digit seperti pada gambar di atas. Enam digit pertama adalah identifikasi pabrik (manufacturer identification), sementara 5 digit berikutnya adalah item number dan digit terakhir merupakan check digit. Check digit ini berfungsi untuk memberitahukan kepada sistem apakah scanner melakukan pengecekan dengan benar atau tidak.

Check digit dihitung sebagai berikut :


1. Tambahkan digit ganjil dari kode gambar di atas (digits 1, 3, 5, 7, 9 and 11)
   0 + 6 + 0 + 2 + 1 + 5 = 14
2. Kalikan hasil step 1 diatas dengan 3
   14 * 3 = 42
3. Tambahkan digit genap dari kode gambar di atas (digits 2, 4, 6, 8 and 10)
   3 + 0 + 0 + 9 + 4 = 16
4. Jumlahkan hasil dari step 3 dengan step 2 :
   42 + 16 = 58
5. Gunakan hasil dari step 4 untuk menghitung check digit, tentukan angka yang apabila
   ditambahkan dengan hasil pada step 4 akan menghasilkan angka kelipatan 10 

   58 + 2 = 60
6. Jadi check digit adalah 2.

Tiap kali scanner memindai barcode maka sistem akan melakukan perhitungan di atas untuk mengecek kebenaran barcode. Jika hasil perhitungan sistem tidak sama dengan check digit yang terbaca, maka scanner akan mengetahui telah terjadi kesalahan dan item harus discan ulang.

Secara umum, yang bertugas membaca barcode ini adalah sistem scanner yang terhubung ke komputer. Namun secara manual kita bisa membacanya dengan cara sebagai berikut:
Pertama-tama lihatlah konfigurasi dari barcode tersebut. Ini terdiri dari garis batangan hitam dan spasi berwarna putih. Tiap-tiap garis dan spasi mempunyai ketebalan yang berbeda-beda. Anggaplah satu garis paling tipis warna hitam (seperti garis pertama pada barcode di atas) adalah garis dengan lebar 1 unit dan spasi paling tipis warna putih (seperti pada spasi pertama setelah garis pertama pada barcode di atas) adalah spasi dengan lebar 1 unit. Kemudian secara keseluruhan kita dapat menentukan bahwa garis hitam dan spasi putih tersebut mempunyai ketebalan masing-masing 1, 2, 3 dan 4 unit.

Awal dari setiap barcode biasanya adalah "1-1-1" atau kalau dibaca dari kiri terdiri dari garis hitam 1 unit, diikuti dengan spasi putih 1 unit, diikuti lagi dengan garis hitam 1 unit.

Kode-kode yang terbaca adalah sbb:


0 = 3-2-1-1
1 = 2-2-2-1
2 = 2-1-2-2
3 = 1-4-1-1
4 = 1-1-3-2
5 = 1-2-3-1
6 = 1-1-1-4
7 = 1-3-1-2
8 = 1-2-1-3
9 = 3-1-1-2

Mari kita coba baca barcode berikut sebagai contoh : 




Barcode yang tercetak pada gambar adalah 043000181706 :



* Dimulai dengan standar awal adalah 1-1-1 (bar-space-bar).
0 Angka nol adalah                 3-2-1-1            (space-bar-space-bar).
4 Angka empat adalah         1-1-3-2     (space-bar-space-bar).
3 Angka tiga adalah                 1-4-1-1         (space-bar-space-bar).
0 Angka nol berikutnya adalah         3-2-1-1      (space-bar-space-bar).
0 Angka nol berikutnya adalah         3-2-1-1 (space-bar-space-bar).
0 Angka nol berikutnya adalah         3-2-1-1       (space-bar-space-bar).
- Di tengah biasanya standar         1-1-1-1-1 (space-bar-space-bar-space).
1 Angka satu adalah                 2-2-2-1       (bar-space-bar-space).
8 Angka delapan adalah                1-2-1-3        (bar-space-bar-space).
1 Angka satu adalah                 2-2-2-1       (bar-space-bar-space).
7 Angka tujuh adalah               1-3-1-2        (bar-space-bar-space).
0 Angka nol adalah                 3-2-1-1     (bar-space-bar-space).
6 Angka enam adalah             1-1-1-4     (bar-space-bar-space).
- Karakter stop biasanya                    1-1-1 (bar-space-bar).

http://forum.indogamers.com/ 

Mampukah Anda Mencetak Isi Dari Internet

Untuk membaca internet sedunia, anda memerlukan waktu sekitar 57 ribu tahun. Itupun kalau anda membacanya nonstop 24 jam/hari , 7 hari/minggu.


Untuk dijadikan buku berarti internet sedunia mempunyai berat sekitar 1 milyar pounds. Jika di jadikan kg maka setara dengan 453 juta kg dan tingginya sekitar 10.000 feet, atau setara dengan 3048 meter / 3 km.

 Jika akan dicetak maka memerlukan tinta cartridges sebanyak 45 juta cartridges , dan jika dijadikan avtur pesawat maka setara dengan 1/2 juta liter avtur, itu cukup untuk mengelilingi dunia dari New York ke Tokyo yang berjarak 18,000 miles dengan pesawat tipe B 747. Kalau dikonversi ke km, maka = 28,800 km.


Jika kertas itu di susun rapi sehingga menutupi permukaan tanah, maka ini setara dengan setengah luas pulau Long Island (700 miles square).

 Jika menggunakan satu printer maka perlu waktu sekitar 3,805 tahun. Jika kita flashback kebelakang , maka ritual menge-print internet sedunia akan selesai hari ini ,jika nge-printnya sudah dimulai sejak jaman BABYLONIA.
Nah, kalau melibatkan semua warga Amerika serikat yg penduduknya sekitar 200-300 jutaan maka print internet sedunia akan selesai dalam waktu hanya 6 menit 36 detik

 Lalu perlu berapa banyak pohon yang mesti ditebang untuk menge-print internet sedunia ?!? Kita perlu 40,000 pohon atau kurang lebih 2x lipat jumlah pohon yang ada di Central Park (USA).



http://forum.indogamers.com/

Tahun Depan Chrome Kalahkan Firefox

Google Chrome disebut-sebut akan menyalip ketenaran Mozzila Firefox dengan menjadi web browser kedua paling populer pada tahun 2012 mendatang.





StatCounter, perusahaan pelacak web browser, mengklaim bahwa data menunjukkan bahwa Google Chrome akan menyalip Firefox pada akhir tahun ini. 


Menurut data statistik yang ditampilkan StatCounter, pangsa pasar global Chrome pada September adalah 23,6 persen sementara Firefox mencapai 26,8 persen. Microsoft Internet Explorer sendiri masih memimpin dengan 41,7 persen.

Data statistik tersebut juga menunjukan grafik peningkatan Chrome dalam dua tahun terakhir. Sementara Firefox telah mengalami stagnasi dan terlihat bahwa pangsa pasarnya terus terkikis, Microsoft Internet Explorer juga secara terus menerus mengalami penurunan.

Mozilla telah mencoba melawan pada 2011 dengan merilis beberapa versi baru dari browser miliknya. Firefox 4 terbukti menjadi sangat populer. Namun masalahnya, banyak yang percaya bahwa Mozilla adalah web browser yang lambat dan memakan banyak memori.

Di sisi lain, dikutip dari The Inquirer, 2 Oktober 2011, pengguna melihat bahwa Chrome lebih sederhana namun terbukti lebih cepat.

Sementara itu, Microsoft tidak mampu mencegah penurunan Internet Explorer, meskipun telah mengeluarkan versi terbaru Internet Explorer 9 (IE9) awal tahun ini.

Sama halnya seperti Internet Explorer versi terdahulu, IE9 tak berhasil menarik minat pengguna untuk kembali menggunakan web browser tersebut karena reputasi yang buruk. Faktor-faktor inilah yang membuat pengguna Chrome meningkat setiap tahunnya.

Menurut StatCounter, dominasi Microsoft terhadap pasar web browser juga berada di ujung tanduk tahun depan. Jika Google Chrome berhasil menjadi web browser paling populer, ini bisa menandai awal kelumpuhan raja web Microsoft, sejak pergantian milenium.

Ponsel Dengan 4 Kartu SIM

Tidak puas dengan telepon selular dual-SIM alias dua nomor yang kini dijajakan di gerai-gerai ponsel? Nah, sekarang mulai bermunculan ponsel-ponsel triple-SIM card atau sering disebut hybrid.



Jika masih merasa kurang dengan tiga nomor, tak perlu khawatir. Karena sekarang sudah muncul ponsel dengan empat kartu SIM sekaligus alias quad-SIM. Tak cuma menampung empat kartu SIM yang aktif secara bersamaan, OTECH F1 juga kabarnya akan hadir dengan teknologi glow in the dark.

Ada bermacam-macam opini yang menyambut OTECH F1. Mulai dari pujian karena dianggap sangat cocok untuk pasar berkembang dengan tarif selular murah, sampai yang menganggapnya sebagai ponsel aneh, konyol, dan dianggap terlalu berlebihan.
Ya, saat pertama kali melihat layar ponsel dengan empat indikator kekuatan sinyal aktif, rasanya memang sedikit aneh. Belum lagi kalau Anda menerima sekaligus tiga panggilan masuk dari tiap-tiap nomor. Namun, kabar baiknya Anda dapat menikmati berbagai promo tarif murah milik empat operator yang ada di Indonesia secara bersamaan.

Secara fisik dan desain, OTECH F1 masih mengandalkan keypad Qwerty sesuai tren, plus layar sebesar 2,4 inci. Layaknya ponsel China yang beredar di pasaran, ponsel ini juga dilengkapi dengan TV built-in yang mendukung PAL, NTSC, dan SECAM.


Selain itu, Anda juga dapat menemukan radio FM dan Bluetooth. Namun, untuk konektivitas data, jangan berharap terlalu banyak. OTECH F1 cuma mampu menyediakan akses GPRS untuk Internet.

Meski tertulis kamera berkemampuan 12.1 megapiksel di sisi belakang ponsel, hasilnya belum cukup meyakinkan. Mengingat ini hanyalah sebuah ponsel merk lokal yang beredar di China dengan akses sebatas GPRS. Kemungkinan besar hanya kamera VGA biasa.

Belum diketahui apakah ponsel dengan desain yang sama sudah beredar di Indonesia dengan merk yang berbeda. Bisa jadi Nexian, HT Mobile, Mito Mobile, atau produsen ponsel China lain sudah memasarkannya lebih dulu di Tanah Air.

http://vivanews.com/